PESANTREN MASLAKUL HUDA (PMH)

Pesantren Maslakul Huda yang lahir ditengah pergolakan perjuangan mengusir penjajah dari bumi Nusantara dengan membawa keinginan luhur pendirinya supaya memberikan sumbangsih kepada nusa, bangsa dan agama dalam wujud pembekalan ilmu dan pembentukan watak serta kepribadian yang Islami. Dalam pada itu, kebodohan dan keterbelakangan membutuhkan insan-insan yang bertanggungjawab serta dapat mengangkat kembali martabat bangsa.

Sesuai dengan pemikiran diatas maka pesantren Maslakul Huda secara umum mengemas dan mewujudkannya dalam usaha-usaha sebagai berikut ;

  1. Mengamalkan ajaran-ajaran Islam dengan baik dan benar
  2. Mengadakan kegiatan-kegiatan pendidikan dan ketrampilan
  3. Mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan serta kegiatan-kegiatn lain yang tidak bertentangan dengan tujuan.

Semula, PMH hanya terdiri atas pesantren putera yang didirikan oleh KH. Mahfudh Salam pada tahun 1910. Seirama dengan perkembangan zaman dan penerapan strategi baru, maka pada masa kepemimpinan KH MA. Sahal Mahfudh didirikan pesantren puteri dengan nama Al-badi’iyyah pada tahun 1972, Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (BPPM) pada tahun 1979, dan pesantren Maslakul Huda li al-Mubtadi’in pada tanggal 11 Pebruari 2012. Kemudian, masing-masing di sebut sebagai lembaga operasional (LO) dari Pesantren Malakul Huda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *