Pesantren Maslakul Huda Putra

         Lintasan sejarah.

PMH adalah kependekan dari Pesantren Maslakul Huda. Sedangkan PUTRA adalah Pol Garut Utara karena letaknya memang berada dikampung Pol Garut Utara desa Kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati. Pesantren ini berdiri atas prakasa KH Mahfudh (ayahanda KH MA Sahal Mahfudh) pada tahun 1910 ditengah-tengah pergolakan perjuangan kemerdekaan.

Sampai saat ini, PMH Putra telah mengalami tiga kali pergantian kepengasuhan, mulai dari KH Mahfudh (1910 – 1944), KH Ali Muhtar, dan saat ini KH MA Sahal Mahfudh.

Arah utama kebijakan dan aktifitas.

Arah utama kebijakan dan aktifitas PMH PUTRA adalah pada bidang pendidikan dan pengajaran, mengingat sasaran aktifitas ini adalah para santri yang datang dari berbagai penjuru daerah, secara tidak langsung juga merupakan peran social dan bentuk tanggung jawab Maslakul Huda pada cita-cita nasional “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Kebijakan pendidikan.

Secara umum pendidikan dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik (santri) menjadi mampu mendalami, menghayati dan mengembangkan Islam secara utuh serta mampu mengelola lingkungan.

  • Pendidikan intelektual.

Meliputi pengajaran dasar-dasar Islam (Aqidah/Tauhid, Ilmu alat/Adab), ilmu-ilmu syari’at (Fiqh, Ushul fiqh, Qaidah fiqiyah, Tafsir Al Qur’an) dan nilai-nilai keulamaan yang dikemas menjadi kurikulum tersendiri di Madrasah Pengajaran lain dikemas dalam bentuk pengajian /aktualisasi kitab kuning dengan dialog, diskusi, ceramah ilmiah, bedah kitab atau bedah buku, training tabligh, tahfidh al kutub (Alfiyah, Nadzam al- Maqsud, Amstilah al tashrifiyah, ‘Amrithi, Tauhid, Jauhar al- Maknun, Mantiq, Lathaif al _isyarah, Fara’id) dan sebagainya.

  • Pendidikan sosial kemasyarakatan/peran social.

Pola ini diterapkan dengan memberikan bantuan-bantuan social untuk masyarakat sekitar (berwujud sembako, pakaian, khitanan massal) serta kerja sama penanganan lingkungan sehat dengan masyarakat.

  • Pendidikan ketrampilan.

Meliputi ketrampilan maintenance computer, manajemen, administrasi dan keuangan, serta ketrampilan berbahasa arab dan inggris

  • Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Olahraga meliputi latihan bola voli dan sepak bola sedang pada bidang kesehatan adalah perlengkapan P3K dan kursus UKP (usaha kesehatan Pesantren).

  • Kursus – kursus.

Kursus meliputi manajemen, computer, bahasa dan sebagainya.

Sistem Pengajaran

Pengajaran dilaksanakan dengan sistem klasikal dan sorogan, bandongan dengan metode ceramah, diskusi, penyampaiaan materi oleh siswa didepan guru. Format pertemuan dengan O-form atau u –form.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *